Penyelarasan Kurikulum SMK dengan Industri

Penyelarasan Kurikulum SMK dengan Industri

Tepat pada tanggal 26 Oktober 2017, berlangsung sebuah acara di SMK Negeri 6 Jakarta. Acara ini membahas tentang bagaimana menyelaraskan kurikulum SMK dengan Industri. Tujuan dari acara ini salah satunya adalah untuk membekali para lulusan SMK agar siap bersaing di tengah persaingan kerja yang semakin ketat. Munculnya SDM yang unggul dan siap kerja juga menjadi tujuan acara ini.

Menyelaraskan Kurikulum SMK
dengan Industri

Karena tujuan dari acara ini adalah untuk menyelaraskan kurikulum SMK dengan industri, ada beberapa pihak yang hadir diantaranya :

  • Pihak dari dunia Industri
  • Praktisi dari dunia pendidikan
  • Serta pihak dari dunia industri kuliner

Dan kami ( PT Infosis BLU ) juga turut menghadiri pertemuan para kepala sekolah SMK Negeri se DKI jakarta. Yang juga mengundang panelis dari dunia industri yaitu : Alfamart, Daihatsu, Evercross, perwakilan industri kuliner ( physaliss ).

Acara ini juga dihadiri oleh Wakadis pendidikan untuk SMK DKI Jakarta. Acara ini hadir sebagai bentuk, meningkatkan daya saing siswa lulusan SMK dengan cara penyelarasan kurikulum di SMK dengan Industri. Dengan penyelarasan kurikulum ini diharapkan kepala sekolah mendapatkan masukan, khususnya mengenai kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan kerja di industri.

Terlebih lagi dengan slogan “SMK Bisa” diharapkan menjadi media pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Apalagi pemerintahan saat ini, sangat memperhatikan SMK. Setiap tahun menurut data dari Kemdikbud, SMK menghasilkan 1.285.178 lulusan baik dari SMK Negeri+ Swasta, jika keterserapan di dunia industri presentasenya kecil maka semakin lama akan menjadi masalah buat negara ini.

Khususnya masalah pengangguran yang memberikan dampak yang tidak baik terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya kegiatan penyelarasan kurikulum ini diharapkan SMK mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Dan memberikan dampak pada keterserapan di dunia industri yang tinggi. PT.INFOSIS-BLU sebagai distributor untuk sertifikasi kompetensi dari Microsoft, Adobe dan Autodesk membantu dalam segi validasi kompetensinya.